Banjarmasin – Dalam rangka meningkatkan kualitas penelitian mahasiswa pada program Magister Administrasi Pendidikan, Merilis Pedoman Penulisan Tesis Magister Administrasi Pendidikan. Pedoman ini bertujuan untuk memberikan panduan yang jelas dan sistematis bagi mahasiswa dalam menyusun tesis mereka, sehingga hasil penelitian yang dihasilkan memiliki kualitas yang lebih baik.
Pedoman ini mencakup berbagai aspek penting dalam penulisan tesis, mulai dari pemilihan topik penelitian, kerangka teoritis, metodologi penelitian, analisis data, hingga penyusunan bab-bab dalam tesis. Setiap bagian diberikan penjelasan yang detail beserta contoh-contoh untuk membantu mahasiswa memahami dan menerapkan pedoman tersebut secara efektif.
Salah satu poin penting dalam pedoman ini adalah pentingnya keterkaitan antara topik penelitian dengan isu-isu aktual dalam bidang Administrasi Pendidikan. Mahasiswa diharapkan memilih topik yang relevan dan memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan teori dan praktik administrasi pendidikan. Selain itu, pedoman ini juga memberikan arahan dalam menyusun kerangka teoritis yang solid dan menyeluruh serta menggunakan metode penelitian yang sesuai dengan pertanyaan penelitian yang diajukan.
Selain memberikan panduan penulisan, pedoman ini juga memberikan penekanan pada etika penelitian dan integritas akademik. Mahasiswa diingatkan tentang pentingnya menjaga kejujuran dalam melaporkan hasil penelitian, menghormati hak cipta, dan menyebutkan sumber referensi secara akurat. Hal ini bertujuan untuk memastikan penelitian yang dilakukan mengikuti prinsip-prinsip etika dan integritas akademik yang tinggi.
Tim Magister Administrasi Pendidikan juga menyediakan akses mudah terhadap pedoman ini melalui laman resmi mereka di internet. Mahasiswa Magister Administrasi Pendidikan diharapkan dapat memanfaatkan pedoman ini sejak awal penelitian mereka untuk menghasilkan tesis yang berkualitas dan memberikan kontribusi nyata dalam pengembangan administrasi pendidikan di Indonesia.