Satuan pendidikan atau yang biasa kita sebut sekolah/madrasah adalah institusi atau lembaga untuk belajar dan mengajar serta tempat untuk menerima dan memberi pelajaran. Dalam pengelolaannya, sekolah/madrasah memerlukan adanya monitoring dan evaluasi guna mencapai tujuan dari pendidikan dan prosesnya dapat terlaksana dengan baik. Monitoring dan evaluasi merupakan bagian integral dari pengolahan pendidikan, baik ditingkat mikro (sekolah/madrasah), meso (Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Dinas Pendidikan Provinsi), maupun makro (Kementerian). Hal ini didasari oleh pemikiran bahwa dengan monitoring dan evaluasi, kita dapat mengukur tingkat kemajuan pendidikan pada tingkat sekolah, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Dinas Pendidikan Provinsi, dan Kementerian.
Tanpa pengukuran, tidak ada alasan untuk mengatakan apakah suatu sekolah/madrasah mengalami kemajuan atau tidak. Monitoring dan evaluasi, pada umumnya menghasilkan informasi yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan. Oleh karena itu, monitoring dan evaluasi yang bermanfaat adalah monitoring dan evaluasi yang menghasilkan informasi yang cepat, tepat, dan cukup untuk pengambilan keputusan. Dari definisi dan ringkasan tersebut tentu memunculkan pertanyaan bagaimana sistem pengelolaan sekolah/madrasah, serta bagaimana cara memonitor dan mengevaluasi pengelolaan sekolah/madrasah sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya?
Buku dari mahasiswa Magister Administrasi Pendidikaan :
Abdul Haris Ririn Angreany Bardiansyah Hamdan Ikrimah Asysyddiqi Abdul Rahman Abdussalam