Workshop 40JP dengan tema Pemanfaatan Aritificial Intellegence untuk menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka dengan Mudah

Workshop 40JP dengan tema “Pemanfaatan Artificial Intelligence untuk Menyusun Modul Ajar Kurikulum Merdeka dengan Mudah.” Acara ini diselenggarakan sebagai wujud komitmen untuk terus berinovasi dalam pengembangan kurikulum pendidikan yang sesuai dengan era digital dan tuntutan Kurikulum Merdeka.

Workshop yang berlangsung di sebuah pusat konferensi pada tanggal 5-8 Februari 2024 ini diikuti oleh peserta dari berbagai latar belakang, termasuk para pengajar, peneliti, dan praktisi pendidikan. Tujuan utama workshop ini adalah memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana pemanfaatan kecerdasan buatan (AI) dapat mendukung penyusunan modul ajar yang sesuai dengan prinsip Kurikulum Merdeka.

Pembukaan workshop diawali dengan sambutan dari narasumber utama, seorang ahli AI yang telah berkontribusi signifikan dalam bidang pendidikan. Beliau membahas perkembangan terkini AI dan potensinya dalam mengoptimalkan penyusunan modul ajar yang dapat diadaptasi secara mudah sesuai dengan kebutuhan Kurikulum Merdeka.

Peserta kemudian dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil untuk mengikuti sesi praktik, di mana mereka diberikan akses langsung untuk menggunakan platform AI yang telah dirancang khusus untuk membantu proses penyusunan modul ajar. Sesi ini memberikan kesempatan kepada peserta untuk merasakan sendiri bagaimana teknologi AI dapat mempercepat dan memudahkan proses pengembangan materi pembelajaran yang sesuai dengan konsep Merdeka.

Selama workshop, diskusi dan tanya jawab antara peserta dan narasumber menjadi momen penting untuk bertukar ide dan pengalaman. Peserta merasa terinspirasi oleh potensi yang dimiliki oleh kecerdasan buatan dalam merancang modul ajar yang tidak hanya relevan namun juga responsif terhadap perkembangan dinamis di dunia pendidikan.

Workshop 40JP ini diharapkan dapat menjadi langkah awal yang bermakna dalam mendorong adopsi teknologi AI dalam konteks Kurikulum Merdeka. Melalui pemahaman dan penerapan konsep ini, para pendidik diharapkan dapat lebih efektif dalam menyusun modul ajar yang memenuhi kebutuhan individual siswa, mendorong kreativitas, dan menghadirkan pembelajaran yang inklusif dan relevan di era modern ini.

 
 
 
 

MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN 

Gedung A, Lantai 3.
Jl. Adhyaksa No.2 Kayutangi, Banjarmasin.
Kalimantan Selatan, Indonesia