Kunjungan Program Magister Administrasi Pendidikan ke BKD Kabupaten Tabalong: Memperdalam Wawasan Tata Kelola Administrasi Pendidikan

Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin kembali menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap tata kelola administrasi pendidikan dengan mengadakan kunjungan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tabalong. Rombongan yang terdiri dari Ketua Program Studi, staf pengajar, dan mahasiswa diterima dengan hangat di BKD untuk mendalami proses-proses administrasi yang berkaitan dengan kepegawaian di sektor pendidikan.

Ketua Program Studi Magister Administrasi Pendidikan, Dr. Husnul Madihah, M.Pd, menyampaikan pentingnya kunjungan ini dalam memperluas wawasan mahasiswa terhadap praktek-praktek terbaik dalam mengelola administrasi pendidikan di tingkat daerah. “Kunjungan ini menjadi momen penting bagi mahasiswa untuk melihat secara langsung bagaimana kegiatan administrasi kepegawaian di BKD Tabalong dilaksanakan. Ini juga merupakan kesempatan untuk belajar dari praktisi langsung di lapangan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala BKD Kabupaten Tabalong, menyambut baik kunjungan tersebut dan mengapresiasi inisiatif dari Program Studi Magister Administrasi Pendidikan. “Kami berharap kunjungan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa dalam memahami berbagai aspek administrasi kepegawaian yang terkait dengan sektor pendidikan,” tuturnya.

Selama kunjungan, rombongan mahasiswa diajak untuk mengikuti berbagai kegiatan, mulai dari sesi diskusi dengan para petugas BKD hingga turun langsung ke lapangan untuk memahami proses-proses administrasi secara praktis. Topik-topik yang dibahas antara lain meliputi rekrutmen pegawai, penilaian kinerja, pengembangan karir, hingga permasalahan etika dalam pengelolaan kepegawaian di sektor pendidikan.

Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan mahasiswa Program Studi Magister Administrasi Pendidikan Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari Banjarmasin dapat mengaplikasikan pengetahuan dan wawasan yang mereka peroleh ke dalam konteks pendidikan di daerah. Selain itu, diharapkan pula kunjungan ini dapat menjadi salah satu upaya untuk memperkuat kerjasama antara perguruan tinggi dan instansi terkait dalam upaya meningkatkan kualitas tata kelola administrasi pendidikan di Indonesia.

MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN 

Gedung A, Lantai 3.
Jl. Adhyaksa No.2 Kayutangi, Banjarmasin.
Kalimantan Selatan, Indonesia