Sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan pemahaman praktis dalam bidang administrasi pendidikan, Program Studi Magister Administrasi Pendidikan mengadakan kunjungan ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Tapin . Kunjungan ini bertujuan untuk memperluas wawasan mahasiswa dan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengelolaan administrasi pendidikan di tingkat daerah.
Dalam kunjungan tersebut, mahasiswa program magister didampingi oleh beberapa dosen pengajar yang ahli di bidang administrasi pendidikan. Mereka disambut hangat oleh Kepala BKD Kabupaten Tapin beserta jajaran stafnya. Acara dimulai dengan sambutan dari Kepala BKD yang menyampaikan pentingnya kerjasama antara lembaga pendidikan dan pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah tersebut.
Selama kunjungan, mahasiswa magister diajak untuk melihat secara langsung berbagai proses administrasi yang terjadi di BKD, mulai dari pengelolaan data kepegawaian hingga pengelolaan anggaran dan program kerja. Mereka juga diberikan kesempatan untuk berdiskusi dan bertanya langsung kepada para staf BKD yang berpengalaman dalam bidang administrasi.
Menurut Dr. Husnul Madihah,M.Pd, salah satu dosen yang turut serta dalam kunjungan tersebut, kegiatan ini merupakan bagian integral dari kurikulum program studi Magister Administrasi Pendidikan. “Kunjungan lapangan seperti ini membantu mahasiswa untuk menghubungkan teori yang dipelajari di kelas dengan praktik di lapangan. Mereka dapat melihat secara langsung bagaimana teori-teori administrasi pendidikan diterapkan dalam konteks nyata,” ungkapnya.
Mahasiswa juga mengaku sangat terbantu dengan kunjungan ini. Ia menyatakan bahwa melalui kegiatan ini, mereka mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang tantangan dan peluang dalam mengelola administrasi pendidikan di tingkat daerah. “Kunjungan ini memberi kami wawasan baru dan motivasi tambahan untuk terus belajar dan berkontribusi dalam dunia pendidikan,” ujar salah satu mahasiswa.
Kunjungan Magister Administrasi Pendidikan ke BKD Kabupaten Tapin diharapkan dapat menjadi momentum untuk memperkuat kolaborasi antara lembaga pendidikan dan pemerintah daerah dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Dengan saling berbagi pengalaman dan pengetahuan, diharapkan tercipta sinergi yang positif untuk mencapai tujuan bersama dalam dunia pendidikan.