Akademik

Merupakan panduan/ pedoman bagi staf pengajar, staf administrasi dan mahasiswa Program studi Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari.

Kurikulum

Mata Kuliah ini bertujuan untuk memberikan kesempatan dan pelayanan kepada mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan UNISKA MAB untuk membangun pemahaman dan teori tentang Filsafat Ilmu. Kajian perkuliahan diantara lain : (1) Persoalan-persoalan Pokok dalam Pengembangan Ilmu (2) Karakteristik Ilmu (3) Obyek Ilmu (4) Metode Pengembangan Ilmu (5) Alat Pengembangan Ilmu (6) Sejarah Perkembangan Ilmu (7) Pre-Asumsi dan Asumsi Dasar Pengembangan Ilmu (8) Sumber-sumber dan Batas-batas Pengembangan Ilmu (9) Pembenaran Ilmu (10) Prinsip-prinsip Pengembangan Ilmu (11 ) Berbagai Aliran Pengembangan Ilmu (12) Ontologi Ilmu (13) Epistemologi Ilmu dan (14) Aksiologi Ilmu, (16) Filsafat Pembelajaran ke SD an

Mata kuliah Metode Penelitian Pendidikan ini membahas tentang : (1) makna dan ruang lingkup penelitian teknologi pembelajaran, (2) Etika dalam penelitian, (3) masalah-masalah penelitian teknologi pembelajaran, (4) variabel penelitian, (5) kajian teori dalam penelitian, (6) model-model penelitian yang relevan di bidang teknologi pembelajaran, (7) subyek penelitian (populasi dan sampel), (8) teknik dan instrumen penelitian, (9) validitas dan reliabilitas instrumen, (10) teknik analisis data, (11) penyusunan proposal penelitian, dan (12) pelaporan hasil penelitian

Mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan UNISKA MAB menguasai beberapa teknik Statistika dan sekiranya bisa memilih secara tepat teknik statistika yang sesuai dengan jenis data dan tujuan penelitian. Maka dari itu, mereka juga difasilitasi untuk bisa menguasai beberapa Jenis data dan cara penyajiannya, Statistika deskriptif dan Statistika inferensial. Statistika deskriptif mencakup ukuran tendensi sentral lainnya, serta Variabilitas. Statistika inferensial mencakup parametrik dan non parametrik. Selain itu, diharapkan pula mahasiswa Magister Pendidikan mampu menganalisis menggunakan software (SPSS) dan mampu membaca printout hasil SPSS untuk beberapa teknik Analisis. Pembelajaran pada mata kuliah ini berupa diskusi, tanya jawab, ceramah, pemberian tugas, presentasi, dan praktik.

Mata Kuliah ini bertujuan agar mahasiswa Program Studi Magister Pendidikan UNISKA MAB  bisa mengetahui tentang dasar perilaku individual, sikap, nilai dan kepuasan kerja, pandangan dan pengambilan keputusan oleh individu, konsep motivasi dasar, komunikasi, kepemimpinan dan kepercayaan,perilaku kepemimpinan yang efektif, kepemimpinan Organisasi dan Administrator sekolah,serta konflik dan stres dalam pendidikan.

Mata kuliah ini mengkaji atas kebijakan dan pengambilan keputusan dengan anggapan bahwa mahasiswa Magister Pendidikan sudah mengetahui konsep dasar tentang apa itu kebijakan dan administrasi publik. Perkuliahan ini mempelajari teori tentang Analisis Kebijakan dari aspek Pengambilan Keputusan. Berbagai model Pengambilan Keputusan dan langkah-langkah dalam  Analisis Kebijakan dikaji secara kontekstual di bidang Pendidikan.

Mata Kuliah ini memberikan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan kepada mahasiswa  Program Studi Magister Pendidikan tentang pentingnya berpikir dan bertindak strategic dalam menjalankan bisnis di Instansi pendidikan, yang mencakup konsep dan ruang lingkup strategi serta kebijakan. Dalam mata kuliah ini Mahasiswa diharapkan mempunyai kemampuan untuk menggambarkan dan menjelaskan Faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing bisnis, baik dari lingkungan eksternal maupun internal pendidikan, serta kemampuan menghindari persaingan melalui pendekatan BSC dan Blue Ocen Srategy.

Mata kuliah ini  membahas tentang pengelolan mutu yang diadopsi dari konsep-konsep ilmu Ekonomi guna diterapkannya dalam pengelolaan mutu pendidikan. Bahasan materi mata kuliah ini mencakup beberapa bahasan seperti : latar belakang, filosofi, dan pengertian, konsep-konsep Manajemen Mutu terpadu secara umum dan penerapan di bidang pendidikan secara Khusus

Mata kuliah ini memberikan pengetahuan konsep tentang Teknologi Komunikasi,  Teknologi Informasi dalam dunia pendidikan. Peralatan dan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, Revolusi Komunikasi dan peranan masyarakat serta dampak Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap bidang pendidikan, penggunaan Teknoogi komunikasi dan informasi yang lebih optimal untuk pembangunan dunia pendidikan

Mata Kuliah yang membahas tentang berbagai model dan pendekatan penyelenggaraan su­pervisi pembelajaran, yang mencakup prinsip, sejarah, sifat, fungsi dan peranan supervisi, ditinjau dari berbagai model dan pendekatan yang ada. Kemudian membahas tata cara perancangan, pengembangan, dan evaluasi keefektifan pelaksanaan program supervisi pembelajaran, termasuk faktor-faktor penunjang dan kendalanya untuk menemukan alternatif perbaikan dan pe­ningkatan supervisi pembelajaran.

Mata kuliah ini membahas mengenai pengertian kurikulum/program dan konsekuensinya terhadap pekerjaan evaluasi, tujuan evaluasi, status evaluasi sebagai area of inquiry dan pekerjaan professional, etika dan persyaratan evaluator, prosedur umum, model evaluasi beserta contoh-contoh mengenai penggunaan model tersebut. Selain itu juga akan membahas tentang Evaluasi pembelajaran, Selain itu mata Kuliah ini mengkaji tentang proses pembaruan kurikulum, menyeminarkan dan melakukan workshop serta revise kegiatan belajar melalui mekanisme kepemimpinan tim, kepemimpinan pembelajaran, supervisi kurikulum dengan Partisipasi pe­ngajar untuk menyesuaikan program belajar dangan tuntutan perubahan dan kebutuhan peserta didik.

Mata kuliah ini  membahas tentang pengelolan mutu yang diadopsi dari konsep-konsep ilmu Ekonomi guna diterapkannya dalam pengelolaan mutu pendidikan. Bahasan materi mata kuliah ini mencakup beberapa bahasan seperti : latar belakang, filosofi, dan pengertian, konsep-konsep Manajemen Mutu terpadu secara umum dan penerapan di bidang pendidikan secara Khusus

Mata kuliah ini membahas konsep maupun pendekatan praktis mengenai berbagai aspek manajemen dalam bidang pendidikan dasar, menengah dan tinggi yang meliputi perencanaan, organisasi, penganggaran, ketenagaan, sarana, landasan hukum/kebijakan pendidikan, sistem evaluasi, kepengawasan dan jalinan kerjasama dengan masyarakat. Kegiatan pembelajaran meliputi kuliah (ceramah), observasi lapangan, dan diskusi.

Mata kuliah ini membahas tentang ; konsep dan orientasi baru BK, prinsip-prinsip kerja professional BK, dasar dan fungsi manajemen BK, pengorganisasian dan pengembangan kerja sama professional, prinsipprinsip perencanaan dalam manajemen BK, analisis kebutuhan BK, penyusunan program BK, dukungan system dan pemanfaatan TI, observasi lapangan manajemen BK, pelaporan dan tindak lanjut hasil observasi.

Mata kuliah manajemen pendidikan non formal atau luar sekolah memberikan wawasan tentang karakteristik dan macam ragam pendidikan nonformal, serta konsep dasar dan keterampilan manajemen untuk mengelola lembaga pendidikan nonformal yang meliputi keterampilan merencanakan, tekanan kajian dipusatkan pada rencanaan strategi dan rencana operasional.

0
Tahun
0
SKS/ Smt
0
Semester
0
Pertemuan/ Smt

MAGISTER PENDIDIKAN UNISKA MAB.

Gedung A, Lantai 4.
Jl. Adhyaksa No.2 Kayutangi, Banjarmasin.
Kalimantan Selatan, Indonesia

Design & Web Operator :
Ahmad Habibi +62 858 4595 9702