Visi :

Menghasilkan lulusan Magister Pendidikan yang unggul dan Islami dalam Pengembangan Pendidikan kearifan Lokal di tingkat Asean Pada Tahun 2031

Misi :

Menyelengarakan pendidikan dan pengajaran untuk  menghasilkan lulusan pendidikan tinggi yang berkualitas dan berakhlak mulia dalam bidang Administrasi Pendidikan yang berbasis nilai-nilai Islam.

Mengembangkan penelitian untuk menghasilkan inovasi bidang Administrasi Pendidikan dan mampu menerapkan nilai-nilai Islam.

Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis kearifan lokal dan nilai-nilai Islam dan mengarah pada pengembangan masyarakat yang mandiri.

Membangun jaringan kerjasama yang baik dengan lembaga dan instansi terkait untuk meningkatkan kualitas  pendidikan pengajaran dan penelitian bidang Administrasi Pendidikan.

Info Kontak

Kampus Adhyaksa, Gedung A Lantai 3
Universitas Islam Kalimantan
Muhammad Arsyad Al Banjari
Banjarmasin

[email protected]

 0511-3304352  /    0882 0190 37023

Kurikulum Magister Administrasi Pendidikan

KURIKULUM

Mata Kuliah ini membahas konsep dasar filsafat ilmu dalam konteks administrasi pendidikan dengan perspektif Islami. Mahasiswa akan memahami hubungan antara kepercayaan agama, pandangan filosofis, dan tanggung jawab sosial. Menghargai keragaman budaya dan pandangan dalam ilmu pengetahuan juga ditekankan. Mahasiswa akan mampu menganalisis isu-isu penting dalam administrasi pendidikan dengan pendekatan filsafat dan Islami, serta merumuskan kebijakan berdasarkan nilai-nilai Islami dan kearifan lokal. Komunikasi efektif melalui tulisan dan presentasi juga menjadi fokus. Mata kuliah ini memberikan wawasan filosofis yang mendalam dan penerapannya dalam meningkatkan efektivitas lembaga pendidikan.

Mata Kuliah membantu mahasiswa memahami prinsip-prinsip dasar penelitian dalam Administrasi Pendidikan. Mahasiswa belajar merancang penelitian, mengumpulkan dan menganalisis data, serta menginterpretasi hasil. Mahasiswa juga mempelajari berbagai metode penelitian dan cara menyajikan temuan. Mata kuliah ini mendorong sikap tanggung jawab, keterbukaan terhadap perkembangan terbaru, dan kemampuan belajar mandiri. Pada akhirnya, mahasiswa dapat menghasilkan laporan penelitian yang baik dan berkomunikasi efektif tentang temuan mereka.

Matakuliah “Teori Administrasi dan Manajemen Pendidikan” bertujuan untuk mengembangkan sikap bertanggungjawab, memahami teori-teori administrasi pendidikan, serta mengasah keterampilan kritis dan analitis dalam konteks manajemen pendidikan. Mahasiswa belajar mengelola waktu dan organisasi dalam lingkungan pendidikan yang dinamis, serta menerapkan prinsip-prinsip manajemen sumber daya manusia dan anggaran untuk mencapai tujuan administrasi pendidikan.

Matakuliah “Manajemen Pendidikan Berkearifan Lokal Dan Nilai-Nilai Islami” fokus pada menggabungkan manajemen pendidikan dengan nilai-nilai Islami dan kearifan lokal. Mahasiswa akan mempelajari bagaimana mengaplikasikan nilai-nilai agama dan budaya dalam pengambilan keputusan administrasi pendidikan dan mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan analitis untuk mengatasi masalah dengan pertimbangan Islami dan lokal

Mata kuliah ini mengajarkan konsep kepemimpinan, manajemen, dan kebijakan dalam pendidikan. Mahasiswa akan mempelajari prinsip-prinsip manajemen, teori kepemimpinan, dan keterampilan berkomunikasi efektif. Mahasiswa dapat mengembangkan kemampuan untuk bekerja dalam tim, melakukan evaluasi program pendidikan, dan berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan. Mata kuliah ini juga menekankan pada nilai religius, kemanusiaan, dan kontribusi sosial dalam konteks pendidikan.

Mata Kuliah Menajemen Mutu Pendidikan merupakan pengantar dalam konsep dan praktik pengelolaan mutu pendidikan. Mahasiswa memahami prinsip-prinsip manajemen mutu, mampu analisis kritis, serta merencanakan strategi perbaikan. Komunikasi efektif dan kerja tim, serta pengelolaan sumber daya manusia dan anggaran, juga diajarkan. Evaluasi program pendidikan dan perancangan tindakan perbaikan turut ditekankan. Mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan untuk mengelola mutu pendidikan dengan efisien dan berkontribusi pada pembangunan masyarakat.

Mata kuliah Administrasi Pembiayaan Pendidikan membekali mahasiswa dengan pemahaman tentang manajemen, kepemimpinan, dan kebijakan publik dalam konteks pendidikan. Mahasiswa dapat mengembangkan keterampilan berpikir kritis, manajemen waktu, dan pemanfaatan teknologi informasi. Mahasiswa  juga belajar mengelola sumber daya manusia dan anggaran dengan efisien, serta melakukan evaluasi program administrasi pendidikan. Tujuannya adalah menghasilkan lulusan yang kompeten dalam mengelola pembiayaan pendidikan dengan sikap tanggung jawab, kemandirian, dan semangat kewirausahaan.

Mata kuliah “Sistem Informasi Manajemen Pendidikan” membahas penggunaan teknologi informasi dalam mengelola administrasi pendidikan. Mahasiswa mempelajari teori administrasi pendidikan, pemanfaatan perangkat lunak, evaluasi program, dan model pembelajaran. Tujuannya adalah mengembangkan keterampilan dalam mengelola data, merancang sistem informasi, dan meningkatkan kualitas pendidikan dengan nilai-nilai budaya dan Islam. Mahasiswa juga belajar sikap tanggung jawab, kemandirian, dan kemampuan belajar mandiri.

Mata kuliah ini membahas bagaimana hukum, etika, dan kebijakan pendidikan mempengaruhi pengambilan keputusan. Mahasiswa menganalisis dampak kebijakan pendidikan terhadap manajemen lembaga dan kebijakan publik. Mahasiswa pelajari penerapan prinsip manajemen Islami dan kearifan lokal dalam perancangan kebijakan. Diskusi kelompok bantu mahasiswa kolaborasi merumuskan solusi kebijakan holistik. Pada akhir mata kuliah, mahasiswa mampu menganalisis kebijakan pendidikan kompleks, integrasikan nilai Islami, dan rancang kebijakan pendidikan tujuan luas.

Mata kuliah Administrasi Pendidikan membantu mahasiswa memahami dan mengembangkan keterampilan dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengelola proses administratif dalam dunia pendidikan. Mahasiswa belajar tentang konsep dasar administrasi pendidikan dan peran pentingnya dalam mendukung program pendidikan. Mahasiswa merencanakan program pendidikan dengan mengintegrasikan tujuan pembelajaran dan kebutuhan siswa, serta belajar melaksanakan program tersebut dan mengevaluasi hasilnya. Mahasiswa juga dilatih dalam manajemen sumber daya manusia dan anggaran untuk mencapai tujuan administrasi pendidikan. Mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan belajar mandiri dan kesadaran untuk terus mengembangkan diri sejalan dengan perkembangan terbaru dalam bidang Administrasi Pendidikan.

Mata kuliah “Pengembangan Profesi Pendidik dan Tenaga Kependidikan” membantu mahasiswa memahami kerja tim, etika profesional, dan teori-teori pendidikan. Mereka belajar mengatur waktu, beradaptasi dalam situasi dinamis, serta berkolaborasi dalam diskusi. Keterampilan meliputi komunikasi efektif, merancang pengembangan diri dan rekan kerja, serta strategi manajemen untuk meningkatkan pengajaran.

Mata kuliah “Sistem Penganggaran dan Audit Keuangan Pendidikan” membahas konsep penganggaran dan audit dalam konteks pendidikan. Mahasiswa mempelajari prinsip-prinsip manajemen, kepemimpinan, dan kebijakan publik yang berlaku dalam anggaran pendidikan. Mahasiswa juga mengembangkan keterampilan analitis, berpikir kritis, dan presentasi untuk mengelola sumber daya manusia, anggaran, serta melakukan audit dengan efektif dan etika profesional.

Mata kuliah “Manajemen dan Keuangan Fisik Lembaga Pendidikan” (3 SKS) membekali mahasiswa dengan pemahaman tentang prinsip-prinsip manajemen dan pengelolaan keuangan dalam lingkungan lembaga pendidikan. Materi mencakup strategi manajemen sumber daya manusia, pengelolaan anggaran, dan pemanfaatan teknologi informasi. Mahasiswa diajarkan keterampilan berpikir kritis, manajemen waktu, dan pengembangan diri.

Matakuliah “Pengembangan Kurikulum” membahas cara merancang pembelajaran yang efektif. Mahasiswa mempelajari teori dan praktik terkait identifikasi kebutuhan peserta didik, penetapan tujuan pembelajaran, pilihan strategi pengajaran, serta metode evaluasi. Mahasiswa juga diajarkan mengintegrasikan perkembangan pendidikan dan teknologi ke dalam kurikulum. Tujuannya adalah memberi mahasiswa kemampuan merancang kurikulum yang responsif terhadap perubahan, memenuhi kebutuhan belajar yang beragam, dan mendorong pembelajaran seumur hidup

Mata kuliah “Manajemen Pendidikan dan Sistem Pembelajaran” memberikan pemahaman mendalam tentang prinsip-prinsip manajemen pendidikan dan kepemimpinan yang berlaku dalam berbagai konteks pendidikan. Mahasiswa mempelajari bagaimana menerapkan pendekatan-pendekatan ini untuk mengatasi tantangan dalam administrasi pendidikan, sambil juga mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk efisiensi dan kualitas pembelajaran yang lebih baik. Selain itu, mata kuliah ini menekankan pada pengembangan model pembelajaran yang menghargai kearifan lokal dan nilai-nilai Islam, memberikan landasan yang kuat bagi mahasiswa untuk berkontribusi dalam mengelola pendidikan yang lebih baik.

Mata Kuliah Manajemen Bimbingan dan Konseling (MAPD307) mengajarkan tentang konsep dan praktik dalam mengelola layanan bimbingan dan konseling di lingkungan pendidikan. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa mempelajari bagaimana menerapkan nilai-nilai lokal dan Islami dalam merencanakan program bimbingan, serta menggunakan pendekatan manajemen, kepemimpinan, dan supervisi yang efektif. Selain itu, mahasiswa mengembangkan keterampilan dalam melakukan sesi konseling, mengevaluasi program, dan berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait.

Mata kuliah “MAPD308: Evaluasi dan Supervisi Klinis Pendidikan” membahas konsep dan praktek evaluasi serta supervisi dalam pendidikan. Mahasiswa mempelajari teknik pengukuran efektivitas program pendidikan dan strategi supervisi yang mendukung pelaksanaannya. Keterampilan analitis, pemikiran kritis, dan penggunaan teknologi informasi juga ditekankan.

Mata kuliah “MAPD308: Evaluasi dan Supervisi Klinis Pendidikan” membahas konsep dan praktek evaluasi serta supervisi dalam pendidikan. Mahasiswa mempelajari teknik pengukuran efektivitas program pendidikan dan strategi supervisi yang mendukung pelaksanaannya. Keterampilan analitis, pemikiran kritis, dan penggunaan teknologi informasi juga ditekankan.

Mata kuliah ini mengajarkan prinsip-prinsip manajemen dalam konteks pendidikan anak usia dini. Mahasiswa akan mempelajari cara mengelola institusi pendidikan PAUD dengan mempertimbangkan nilai-nilai lokal dan Islami. Dan mengatasi isu-isu kritis, mengembangkan berpikir kritis, dan merancang model pembelajaran yang mengintegrasikan kearifan lokal dan nilai-nilai Islam. Mata kuliah ini bertujuan

membekali mahasiswa dengan keterampilan untuk mengelola lingkungan pendidikan inklusif yang sesuai dengan prinsip-prinsip Islami, dengan tujuan meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini secara komprehensif.

Mata kuliah “Manajemen Pendidikan Kesetaraan” adalah pengantar komprehensif ke dalam prinsip-prinsip dan praktik manajemen yang relevan dalam konteks pendidikan kesetaraan. Mata kuliah ini membahas berbagai aspek penting dalam mengelola pendidikan yang inklusif dan berkeadilan, dengan mempertimbangkan nilai-nilai Islami dan kearifan lokal. Mahasiswa memahami pendekatan manajemen, kepemimpinan, dan supervisi yang diterapkan dalam berbagai jalur, jenjang, jenis, dan satuan pendidikan kesetaraan. Selain itu, Mahasiswa juga diajak untuk menganalisis isu-isu kritis dalam administrasi pendidikan kesetaraan, serta mengintegrasikan nilai-nilai Islami dalam pengambilan keputusan dan merumuskan kebijakan. Mata kuliah ini mengembangkan keterampilan Mahasiswa

dalam berpikir kritis, bekerja dalam tim, mengelola waktu, dan mengikuti perkembangan terbaru dalam bidang manajemen pendidikan kesetaraan. Melalui kombinasi antara teori dan praktik, Mahasiswa siap untuk berkontribusi dalam meningkatkan mutu pendidikan kesetaraan dengan pendekatan yang berlandaskan pada Pancasila dan nilai-nilai Islami.

merupakan mata kuliah yang membahas tentang penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam konteks pendidikan. Mata kuliah ini membantu mahasiswa memahami prinsip-prinsip dasar digitalisasi pendidikan, meliputi konsep, strategi, dan alat-alat yang relevan dalam menciptakan pengalaman pembelajaran yang lebih efektif dan interaktif.

Kerja mandiri dalam proses penyusunan tesis yang meliputi: perancangan, pra-lapangan, terjun lapangan, dan penyusunan laporan. Selama proses penyusunan, mahasiswa didampingi oleh 2 orang pembimbing tesis dan melalui kegiatan seminar proposal, seminar hasil dan ujian tesis Bidang yang dipilih mahasiswa untuk topik penelitian tesis, meliputi proses manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengorganisasian, pelaksanaan, monitoring, evaluasi, dan pelaporan) bidang substansi administrasi dan manajemen pendidikan (manajemen kurikulum dan pembelajaran, peserta didik, pendidik dan tenaga pendidikan, sarana dan prasarana pendidikan, keuangan pendidikan, Bimbingan dan Konseling, hubungan sekolah dan masyarakat, perkantoran, budaya dan lingkungan sekolah) bidang kepemimpinan pendidikan, supervisi pendidikan. Pendekatan yang boleh dipilih mahasiswa untuk penelitian tesis adalah a kualitatif, kuantitatif

Dosen Pengajar Magister Administrasi Pendidikan

Dr. Husnul Madihah, M.Pd

NIDN. 1107046401

Dr. H. Jarkawi, M.M.Pd

NIDN. 0001046212

Dr. Muhammad Yuliansyah, M.Pd

NIDN. 1117077702

Dr. H. Kasypul Anwar, M.M.Pd

NIDN. 8883000016

Dr. Ani Wardah, M.Pd

NIDN. 1114046401

Dr. Didi Susanto, M.Pd, M.Ikom

NIDN. 1101058401

Dr. Agustina Rahmi, M.Pd

NIDN. 1131088901

0
Mahasiswa Aktif
0
Lulusan

MAGISTER ADMINISTRASI PENDIDIKAN 

Gedung A, Lantai 3.
Jl. Adhyaksa No.2 Kayutangi, Banjarmasin.
Kalimantan Selatan, Indonesia